Direct to Garment Printer Cara Praktis Memulai Usaha Tekstil

Direct to Garment (DTG) printer merupakan mesin sablon teknologi terbaru yang menggunakan tinta khusus sablon. Printer DTG dapat mencetak berbagai jenis desain gambar seperti gambar vector maupun foto biasa langsung di atas kaos yang berbahan katun (Cotton combed). Dengan menggunakan printer DTG tentu penjual dapat menerima order dalam jumlah kecil atau bahkan order cetak kaos satuan dengan desain sesuai keinginan pelanggan.

direct to garment printer sablon digital terbaik jakarta bekasi bandung solo makasar surabaya medan

Ricoh Ri 100

  • Desian minimalis
  • Menghasilkan gambar dan produk berkualitas tinggi
  • Software desain yang mudah dioperasikan
  • Harga yang luar biasa rendah
  • Handal, aman, dan perawatan yang mudah

Direct to Garment Langkah Awal Memulai Usaha Tekstil

Pada masa millenial ini variasi pakaian terkhususnya baju sangatlah beragam, tak hanya jenis bahan hingga corak, namun teknik yang digunakan dalam proses pembuatannya juga sudah sangat bervariasi dan juga modern, seperti salah satunya direct to garment printer (DTG). Teknik pembuatan baju ini lebih sering digunakan pada pembuatan baju distro, sebagian besar dari kalangan muda atau mungkin Anda sendiri pernah mendengar tentang baju distro.

Baju distro saat ini sangat menjamur dimana-mana, walau bukan menjadi pilihan utama saat membeli pakaian terutama baju, akan tetapi baju distro menjadi sangat berkesan karena style atau modelnya yang berkesan, serta dengan bahan yang lebih nyaman digunakan untuk sehari-hari karena bahan yang digunakan lebih mudah menyerap keringat, sangat sesuai dengan iklim di Indonesia yang memang lebih sering panas.

Direct to Garment printing saat ini memang masih menjadi trend di dunia industri textil, terlebih direct to garment printer ini sangat ramah bagi Anda yang memang sangat ingin memulai proses usaha cetak baju atau penjualan baju dengan quantity yang masih minimal dan atau hanya berdasarkan dari request langsung dari pembeli.

Point Lebih Printer Direct To Garment dengan Sablon

Walau printer DTG printing lebih modern dibandingkan dengan pendahulunya teknik sablon, printer jenis ini hanya cocok bagi pengusaha yang baru merintis pada sebuah baju yang memiliki corak yang lebih modern. Karena printer DTG ini mendukung gradasi warna atau kadang sering disebut dengan gradient warna, walau hanya support hingga beberapa jenis warna gradasi. Ini merupakan fitur yang sangat sulit untuk dilakukan pada teknik pewarnaan baju dengan menggunakan teknik sablon tradisional.

Lalu direct to garment printer sangat andal dalam melakukan pencetakan pola yang sangat kompleks dan sulit seperti foto pemandangan. Alasan ini lah yang menjadi kelebihan dari DTG printing yaitu printer tipe ini memiliki akurasi yang sangat tinggi dan high quality ini pula menjadi keunggulan lainnya dari printer jenis ini dibandingkan pencetakan baju dengan sablon.

Tidak hanya pada segi kualitas yang sangat jauh berbeda, dari segi efisiensi juga sangat ditonjolkan pada printer dtg apabila terdapat pemesanan baju dengan kuantitas banyak dan dengan pola yang beragam. Alasannya adalah printer ini tidak memerlukan cetakan seperti sablon yang harus diganti atau dibuat lagi apabila terdapat pola yang berbeda.

Direct to Garment pada Tahap Produksi

Bahan yang digunakan untuk media pencetakan dengan printer DTG memang memiliki spesifikasi khusus, diantaranya adalah katun atau cotton. Demikian ini dikarenakan bahan katun lebih mudah menyerap tinta khusus dari printer direct to garment, walau pun Anda ingin menggunakan variasi pakaian yang lain pula sebenarnya masih diperkenankan. Namun, untuk meningkatkan umur keawetan dari tinta yang telah dicetak di baju sebaiknya tetap gunakan katun atau cotton.

Dalam tahap produksi dengan menggunakan mesin cetak tipe direct to garment printing ini Anda tidak memerlukan media kertas transfer. Oleh karena itu, pencetakan baju menjadi lebih mudah dan sangat simple, lalu pada beberapa type atau merek juga tidak memerlukan mesin pemanas, karena biasanya telah disediakan built-in mesin pemanas di dalamnya.

Walau beberapa orang ada yang menyebut dengan istilah printer-an sablon, sablon digital atau mesin printer kaos, hal demikian tidak sepenuhnya salah karena hasil dari printer ini memang sekilas memanglah mirip. kemudian yang telah disampaikan sebelumnya, mesin cetak dengan istilah sablon kaos digital ini sangat cocok bagi Anda yang hendak pindah dari sablon tradisional atau yang hendak membuka sebuah kedai baju distro yang melayani dengan kuantitas yang sedikit.

Tipe Bahan yang Cocok Untuk DTG Printer

Sebenarnya ada banyak tipe bahan yang cocok untuk pembuatan baju dengan dtg printer, namun yang paling umum dan paling sering digunakan adalah katun, sebagai mana yang telah disinggung sedikit pada tahap produksi diatas. Walau begitu bahan yang digunakan tidak hanya terbatas pada kain katun, untuk lebih jelasnya ini dia rekomendasi bahan-bahannya:

  1. cotton blend

    Kenapa cotton atau katun masih dimasukkan di daftar ini? alasannya karena sebenarnya ada jenis kain katun lainnya yang juga bisa digunakan dalam pembuatan baju dengan printer jenis ini. Kain cotton yang dimaksud adalah cotton blend. Yap, ada banyak variasi katun yang sebenarnya bisa digunakan seperti ring-spun cotton dan combed cotton.

  2. Linen

    Kain dengan jenis linen juga sebenarnya bisa digunakan, cuma memang penggunaannya cukup jarang dijadikan sebuah kaos. Kain ini lebih banyak digunakan untuk bahan utama atau tambahan pada celana, kemeja, dan juga jacket. Apabila Anda memiliki ide unik dan kreatif maka bahan ini masih memungkinkan untuk dipadukan dengan pembuatan baju direct to garment printer.

  3. Polyester

    Bahan satu ini juga bisa dipadukan dalam pembuatan baju dengan dtg dan tidak hanya digunakan pada teknik pembuatan baju sublim. Mengingat polyester juga dapat digunakan sebagai media cetak untuk sablon maka secara langsung polyester dapat dipadukan dengan dtg.

  4. Poly Blend

    Tidak terbatas pada 100% polyester, poly blend juga sangat direkomendasikan dan bekerja sangat baik pada proses printing ke bahan. Walau begitu hasil yang diberikan tidak semaksimal apabila dicetak pada media katun atau cotton blend.

  5. Organik

    Jenis kain ini memang masih sedikit yang menggunakannya, tapi kain jenis ini bisa juga dipadukan dengan direct to garment printer dalam pembuatan baju. Untuk saat ini kain organik yang telah diketahui mendukung cetak baju tipe ini adalah kain serat bambu dan hemp

Berapa Lama Waktu Yang Dibutuhkan Dalam Pembuatan Satu Baju?

Waktu yang dibutuhkan dalam pembuatan 1 buah baju hanya memerlukan beberapa menit saja. Hal ini juga berlaku pada desain yang kompleks dan tentunya dengan bentuk yang mendetail. Untuk waktu pasti yang dibutuhkan bisa saja berubah tergantung seberapa besar area yang di cetak dan desain penggunaan warna yang beragam.

Pesan langsung di laman Kami

Untuk rentang harga mesin printer sablon kaos digital atau yang DTG printer bisa di cek di laman website kami, atau lebih jelasnya bisa dengan cara menghubungi customer service yang terdapat di laman kami. Tunggu apalagi? pesan pada website dealer resmi di www.mandiriarthasolusi.co.id.

Pencarian Terkait:

Direct to Garment Printer